Ikan Mas Koki

Beranda » Ikan » Ikan Mas Koki

Ada banyak alasan mengapa banyak orang yang suka menjadikan ikan mas koki sebagai hewan peliharaan. Meskipun membutuhkan akuarium atau kolam khusus, untuk merawatnya, tapi secara umum ikan hias ini mudah dipelihara.

Bahkan kabar bagusnya lagi, beberapa jenis ikan cantik ini juga dijual dengan harga yang cukup murah, sehingga mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

Sebelum memutuskan untuk membeli beberapa ikan mas koki dan merawatnya di dalam kolam atau akuarium, ada baiknya Anda mengetahui lebih banyak tentangnya. Berikut adalah ulasan tentang jenis-jenis, harga, dan cara merawat sang ikan.

Jenis Ikan Mas Koki

Ikan mas koki yang memiliki nama ilmiah Carassius auratus ini merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Kawasan Asia Timur.

Ikan-ikan ini dibudidayakan di Cina sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu, dan hingga saat ini sudah muncul banyak jenis baru yang memiliki keunikannya sendiri.

Sebenarnya, jenis ikan mas koki sangat banyak. Perbedaan antara jenis satu dan lainnya, terletak pada bentuk, kombinasi warna, ukuran, konfigurasi biologis pada sirip, dan sebagainya.

Namun setidaknya ada 11 jenis yang paling terkenal dan banyak diminati sebagai ikan hias, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Mutiara

Mutiara

Jenis ikan mas yang satu ini tergolong paling sering dicari karena keunikannya berupa sisik berbentuk menyerupai Mutiara. Bentuknya menggemaskan, dengan perut menggembung dan sebagian dari mereka memiliki ekor kembar.

Tak hanya itu, ikan mas koki Mutiara juga sangat kuat dan mudah beradaptasi dengan cuaca terutama di Indonesia. Ikan cantik ini memiliki harapan hidup cukup panjang, yakni 10 hingga 15 tahun dalam perawatan yang baik.

Ukurannya bisa mencapai 10 atau 15 cm, dan sebagian jadi lebih besar dari rata-rata bila berada dalam akuarium yang terawat. Warnanya didominasi oleh kombinasi merah, emas, putih, dan kuning.

2. Lionhead

Jenis Ikan Mas Koki Lionhead

Sesuai namanya, ikan ini memiliki benjolan di bagian atas kepala yang membuatnya seperti rambut singa. Tubuhnya cenderung besar dan saat dewasa bisa mencapai 10 hingga 16 cm.

Jenis ikan ini didominasi oleh warna oranye dan kuning, tapi yang paling sering dicari justru yang berwarna kuning pucat atau putih dengan bagian kepala berwarna merah.

3. Ryukin

Ryukin

Ikan mas yang berasal dari Jepang ini berukuran cukup mungil, yakni 3-10 cm saja, membuatnya terkesan pendek, gemuk dan menggemaskan. Di belakang kepalanya ada sebuah punuk kecil, dan ini menjadi ciri khas yang banyak disukai.

Warna jenis ryukin sebenarnya dulunya hanya merah, tapi kini sudah ada berbagai macam kombinasi warna lain, seperti hitam, putih, coklat, calico, bahkan biru.

Saat dewasa, ikan hias unik ini biasanya mencapai 15 cm tapi beberapa orang sanggup membesarkannya hingga 25 cm saat dipelihara di kolam yang baik.

Hampir tidak ada perawatan khusus untuk ikan hias jenis ini, kecuali pada saat memberi makan. Usahakan tidak memberi pelet atau makanan ikan apapun yang mengapung, karena akan meningkatkan resiko masalah gelembung renang pada pencernaannya.

4. Oranda

Jenis Ikan Mas Koki Oranda

Satu hal yang menarik dari ikan mas koki oranda adalah sebuah fakta bahwa bagi banyak orang, ikan ini adalah simbol pengaruh yang besar dan juga kemakmuran.

Ciri khas fisiknya bisa dilihat dari bagian tudung di atas kepala yang biasanya akan berkembang penuh saat usianya sudah mencapai dua tahun. Warnanya sangat bervariasi, mulai dari merah, hitam, biru, gradien warna abu-abu, putih, dan kuning.

Ikan mas yang satu ini memiliki perilaku yang damai, tidak agresif. Oranda tidak berenang segesit jenis ikan komet. Namun, mereka cenderung bersikap damai dalam akuarium dan bisa rukun dengan ikan lain dalam akuarium.

5. Ranchu

Ranchu

Budidaya ikan mas koki ranchu dimulai di Jepang sekitar periode Meiji pada tahun 1869 hingga 1912. Tubuhnya bulat seperti telur, dengan perut yang kecil. Tidak ada sirip pada punggungnya yang melengkung, dan ekornya mirip dengan kipas.

Ikan mas yang satu ini perlu ruang yang cukup dengan akuarium yang setidaknya memiliki kapasitas air 75 liter. Bila dirawat dengan baik, ikan ini dapat tumbuh hingga lebih dari 20 cm. Makanannya juga harus bervariasi, dan sebaiknya menggunakan jenis pakan yang tenggelam.

6. Choten Gan

Choten Gan

Disebut juga sebagai ikan mas koki panda, Choten Gan memang memiliki mata menonjol dengan warna gelap seperti panda. Pada varietas tertentu, warna tubuhnya hitam putih dengan sirip dan ekor rumbai hitam membuatnya semakin mirip panda.

Meskipun yang dijual di pasaran kebanyakan hanya berukuran 6-10 cm, namun sebenarnya standar choten gan dewasa berukuran 18 cm dan bisa tumbuh hingga maksimal 23 cm.

Baca juga: Ikan Manfish

7. Black Moor

Black Moor

Ikan yang juga disebut sebagai Broadtail Moor ini merupakan ikan tangguh yang mudah beradaptasi dengan harapan hidup panjang hingga 25 tahun.

Ciri khasnya adalah warna tubuh yang hitam pekat dan bola mata yang menonjol. Beberapa bagian tubuhnya bisa memiliki kombinasi warna oranye atau keperakan, membuatnya tampak sangat elegan.

Besar tubuhnya rata-rata 15 hingga 18 cm, tapi ada juga yang berhasil tumbuh hingga 25 cm. Ikan hias ini termasuk pemakan segala (omnivora), jadi Anda bisa punya lebih banyak keleluasaan dalam memberikan berbagai jenis makanan.

8. Butterfly Tail Moor

Butterfly Tail Moor

Sang ikan berekor kupu-kupu ini juga sering disebut sebagai butterfly telescope merupakan jenis ikan mas koki yang masuk dalam ikan terlangka di dunia.

Bentuk tubuhnya cenderung memanjang dengan sebuah sirip bawah dan juga sirip ekor ganda. Ekornya berbentuk seperti sayap kupu – kupu membentuk diagonal sehingga mirip huruf X.

9. Bubble Eye

Jenis Ikan Mas Koki Bubble Eye

Sesuai dengan namanya, ikan hias ini sangat unik dengan kantung di bawah kedua matanya yang bergelembung sehingga akan membutuhkan perawatan ekstra.

Gelembung ini sangat sensitif terhadap benturan, jadi Anda harus menyediakan akuarium yang aman untuknya. Variasi warna si cantik ini adalah kombinasi putih, oranye, dan juga kuning.

10. Calico

Jenis Ikan Mas Koki Calico

Sekilas calico terlihat seperti ryukin, namun jika diperhatikan mereka memiliki ciri fisik yang berbeda. Kepala ikan calico berukuran cukup kecil dan siripnya tergolong panjang.

Selain itu warna calico sangat khas, yaitu kombinasi oranye, putih dan coklat. Jenis ikan mas koki ini mungkin akan terlihat asing bagi sebagian orang yang masih awam tentang ikan.

11. Tosakin

Tosakin

Ikan ini paling sering muncul dalam kontes keindahan ikan hias karena sirip dan ekor yang begitu indah.

Ikan koki tosakin memiliki ekor ganda yang unik karena tidak terbelah di bagian tengah. Bentuk tubuhnya bulat seperti telur dengan warna dominan merah putih atau merah.

Jenis ikan mas koki ini bisa tumbuh hingga mencapai 5 – 7 cm panjangnya. Selain itu ikan ini memiliki warna yang sangat beragam sehingga membutnya semakin cantik sebagai ikan hias.

Harga Ikan Mas Koki

Harga Ikan Mas Koki

Harga berbagai ikan mas koki sebenarnya relatif berbeda tergantung dimana Anda mencarinya. Namun secara umum, ada rentang harga yang dapat dijadikan acuan sehingga tak perlu sampai tertipu saat akan membeli ikan hias ini.

Berikut adalah daftar kisaran harga ikan mas koki sesuai jenis yang telah disebutkan di atas.

Jenis Ikan Mas KokiHarga
MutiaraRp70.000
Lionhead (Kepala Singa)Rp12.000 – Rp50.000
RyukinRp35.000
OrandaRp50.000
RanchuRp22.000 – Rp30.000
Choten Gan (Panda Moor)Rp40.000 – Rp60.000
Black Moor (Moor Hitam)Rp25.000 – Rp35.000,00
Butterfly Tail Moor (Ekor Kupu-Kupu)Rp13.000 – Rp75.000
Bubble Eye (Mata Gelembung)Rp25.000
CalicoRp30.000
TosakinRp45.000

Satu hal yang harus diingat pada saat akan membeli ikan. Karena ini adalah jenis ikan hias, maka harga antara ikan satu dan lainnya bisa jadi berbeda meskipun jenisnya sama.

Banyak orang yang jual ikan mas koki berdasarkan tingkat kesehatannya, kelangkaannya, kecantikannya, warnanya, dan masih banyak faktor lainnya.

Oleh karena itu, paling aman adalah memilih sendiri ikan yang Anda inginkan, bukan menitip beli pada orang lain. Dengan begitu, Anda bisa lebih selektif dan tidak terburu-buru dalam memilih peliharaan cantik yang satu ini.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Sesuai dengan uraian di atas, ikan mas koki memiliki harapan hidup yang cukup panjang, bahkan hingga puluhan tahun. Oleh karena itu, ikan hias ini banyak digemari.

Namun masih banyak orang kurang memahami cara memelihara ikan mas koki. Akan sangat disayangkan apabila kita sudah membeli dengan harga yang cukup mahal, namun ikan-ikan ini mati hanya dalam hitungan hari atau bulan.

Berikut ini adalah beberapa tips umum penting yang bisa Anda lakukan untuk merawat ikan hias ini.

1. Pilih Tempat Yang Nyaman

Ikan mas koki sangat menyukai tempat yang lebar. Maka jika anda ingin memelihara beberapa ikan sekaligus, lebih baik Anda menggunakan kolam ikan yang cukup luas, terutama apabila ikan sudah cukup dewasa dan berukuran besar.

Bila belum bisa membuat kolam, Anda bisa menyiasatinya dengan akuarium indoor namun dengan volume air minimal 250 liter agar ikan tetap bisa leluasa bergerak.

Ikan-ikan yang dibesarkan dalam habitat luas akan merasa lebih nyaman dan dapat tumbuh dengan sehat secara optimal.

2. Memastikan Kebersihan dan pH

Berbagai penyakit mengintai ikan mas Anda bila tidak dijaga kebersihan habitatnya. Ikan mas koki selalu membutuhkan akuarium atau kolam dengan air yang bersih.

Selain itu, terlalu banyak kotoran yang ada dalam habitatnya akan membuat mereka mudah terinfeksi. Oleh karena itu, pengurasan dengan cara dan frekuensi yang tepat menjadi sangat penting.

Sekarang sudah banyak teknologi yang dapat mengetes tingkat kebersihan habitat ikan, jadi tidak perlu menunggu sampai air keruh. Penggunaan filter eksternal juga dapat membantu Anda menjaga kebersihan habitat.

Meskipun setiap jenis ikan mas koki butuh suhu yang relatif berbeda, namun secara umum mereka bisa mentoleransi suhu antara 20 hingga 23 derajat Celcius. Dan tingkat pH yang dibutuhkan adalah 6,8 hingga 7,6.

3. Selektif Memilih Dekorasi

Dekorasi memang membuat akuarium atau kolam terlihat semakin menarik. Namun jika Anda ingin memelihara ikan mas koki, maka dekorasi tidak boleh dipasang secara sembarangan.

Beberapa jenis yang memiliki mata di besar di depan seperti ikan black moor sangat sensitif dengan dekorasi yang mungkin akan melukainya.

Sementara itu, ada juga ikan bubble eye yang di dalam kantung mata besarnya memiliki cairan. Gelembung ini tidak bisa terkena benturan sekecil apapun, bahkan bisa terganggu oleh arus yang diakibatkan oleh aliran gelembung udara.

Meskipun demikian, beberapa tanaman air bisa berdampak baik bila diletakkan di kolam ikan. Contohnya adalah marimo ball, bolbitis (pakis air afrika), java fern, amazon sword, photos, dan anubias.

Selain itu, tanaman apung seperti eceng gondok air, selada air, duckweed dan frogbit juga bisa menjadi pilihan tepat.

4. Makanan Yang Sesuai

Perlu diketahui, pada habitat ikan mas koki aslinya ikan ini memakan banyak jenis hewan dan tanaman, seperti serangga, zooplankton, cacing berukuran mikro, ganggang, dan beberapa jenis tanaman air.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan protein dan sayuran yang sesuai.

Saat ini sudah banyak pelet atau pakan serpih yang memiliki kandungan seimbang. Anda juga bisa belajar pada ahli ikan hias untuk membuat campuran sayuran dan protein sendiri.

Perlu diperhatikan, bahwa beberapa jenis ikan hias ini memiliki masalah dengan gelembung renang sehingga lebih baik menggunakan pakan tenggelam, bukan mengapung.

5. Populasi Dalam Habitat

Saat akan memilih jenisnya, perhatikan juga karakteristik ikan mas koki yang akan muncul. Beberapa jenis ikan lebih agresif daripada yang lain sehingga membutuhkan tempat yang luas dan tidak suka dengan akuarium atau kolam yang terlalu banyak penghuninya.

Jika Anda tetap mengisi kolam dengan banyak ikan, maka akan ada resiko mereka cepat mati.

Banyaknya ikan dalam sebuah habitat yang Anda miliki juga mempengaruhi frekuensi pengurasan kolam. Semakin banyak ikannya, kolam akan semakin mudah kotor, dan ini akan mempengaruhi kesehatan ikan.

6. Pilih Jenis Yang Tangguh

Jika ini adalah pertama kalinya Anda memelihara ikan mas koki, maka pilihlah jenis yang paling cepat beradaptasi dan kuat menghadapi lingkungan baru, contohnya seperti ikan koki black moor, lionhead, oranda, dan juga ryukin.

Sementara itu, beberapa jenis ikan lain yang butuh beberapa perawatan khusus seperti jenis ranchu dan bubble eye bisa dipelihara jika anda sudah mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar.

Penyakit Ikan Mas Koki

Saat memelihara ikan hias ini, Anda tentunya ingin mereka tetap sehat dan bebas dari hama atau penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis penyakit dan hama yang bisa membahayakan ikan mas.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ucrit atau larva cybister sangat berbahaya karena mereka mampu menjepit badan ikan dengan taring dan membuatnya robek. Jika sudah ada ucrit pada kolam, maka pemberantasan sangat sulit dilakukan.
  2. Bebeasan dapat membahayakan benih ikan dengan sengatannya. Untuk membunuh hama ini, Anda bisa menuangkan minyak tanah dengan rasio 500 cc per 100 m2.
  3. Kodok juga bisa berbahaya karena hewan ini adalah predator asli untuk telur ikan. Maka berhati-hatilah dalam meletakkan kolam ikan agar tak berdekatan dengan habitat kodok. 
  4. Sama seperti kodok, ular juga berbahaya karena menyantap telur ikan. Tak hanya itu, hewan ini juga memakan ikan-ikan yang berukuran kecil.
  5. Penyakit yang perlu diwaspadai adalah bintik merah. Waspadalah bila muncul gejala bintik putih pada ikan yang terinfeksi. Mereka akan cenderung gelisah dan menggesekkan badannya ke benda-benda di sekitarnya. Kecepatan berenangnya juga akan melemah dan bisa menimbulkan kematian jika tidak segera ditangani.

Demikian beberapa informasi penting terkait ikan mas koki yang perlu Anda ketahui. Ikan-ikan ini memang indah dan sangat pas menjadi peliharaan.

Namun tentu saja, untuk memelihara hewan apapun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar mereka selalu sehat dan betah berada dalam habitat yang diciptakan. 

Tinggalkan komentar