Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Beranda » Kucing » Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa membasmi kutu kucing merupakan pekerjaan yang rumit, namun pada faktanya cara menghilangkan kutu kucing sangat mudah dilakukan.

Gangguan dari kutu memanglah sangat menyebalkan. Selain sering ditemukan di rambut manusia, parasit penghisap darah ini juga suka bersarang di bulu kucing.

Kutu sangat mudah untuk berpindah tempat, bahkan dari manusia ke hewan dan sebaliknya juga. Jadi jika kucingmu terkena kutu, maka sangat dimungkinkan kucing menularkannya ke kamu.

Untuk cara menghilangkan kutu kucing sebenarnya sangat mudah. Namun meskipun begitu, ada baiknya kamu juga tahu penyebabnya agar bisa mencegah kutu menyerang kucing.

Penyebab Adanya Kutu Kucing

cara membersihkan kutu kucing

Munculnya kutu pada kucing bisa disebabkan dari banyak faktor. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa mencegah kutu agar tidak bersarang di kucingmu.

Selain itu jika kamu sudah tahu penyebab adanya kutu di kucing, maka kamu bisa membasminya dengan lebih mudah. Berikut beberapa penyebab adanya kutu kucing.

1. Tertular dari Tikus

Seperti yang telah diketahui pada umumnya, hewan pengerat seperti tikus memiliki lingkungan yang terbilang cukup kotor. Dengan kondisi tersebut, tikus sering membawa kutu dan bisa ditularkan ke kucing.

Tikus juga cukup dikenal sebagai hewan perantara wabah dan penyakit pada hewan peliharaan. Jadi jika rumah kamu sering ditemukan tikus, maka kamu harus waspada dan segara membasminya.

2. Dari Manusia

Kutu juga sering menyerang di bagian rambut di kepala manusia. Dengan kemampuan kutu yang dapat berpindah-pindah, maka ada kemungkinan kucing juga bisa tertular kutu dari manusia.

Meskipun kasus ini jarang ditemukan, namun kamu harus tetap waspada karena kutu sering menjadikan rambut manusia sebagai perantara untuk berpindah ke hewan peliharaan.

3. Berkunjung ke Dokter Hewan

Dokter hewan tentu saja sering menerima banyak hewan peliharaan baik itu dalam keadaan sehat, sakit, maupun terkena kutu. Dengan banyaknya kunjungan dari hewan yang berkutu, kucing yang sehat bisa saja terkena juga.

Hal ini terkadang membuat kita berpikir bahwa perawatan di dokter hewan saja tidak cukup. Alangkah baiknya juga kita mengerti bagaimana cara menghilangkan kutu kucing sendiri.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

cara membasmi kutu kucing

Ada beberapa cara untuk membasmi kutu kucing secara ampuh dan permanen sehingga tidak kembali lagi. Salah satunya yaitu kamu bisa menghilangkan kutu kucing secara alami hanya di rumah.

Kamu tidak perlu mengunjungi dokter hewan untuk menangani kucing yang terkena kutu biasa. Namun jika kutu sudah mulai parah, segeralah pergi ke dokter hewan yang lebih ahli.

Berikut beberapa cara membasmi kutu kucing secara ampuh.

1. Mandi dengan Sampo Khusus

Cara menghilangkan kutu kucing yang cukup ampuh untuk mengusir kutu maupun telur kutu dari badan kucing yaitu dengan memandikannya menggunakan sampo khusus.

Selain sering digunakan untuk membersihkan dan membuat bulu kucing menjadi lebih harum. Shampo khusus juga mampu menghilangkan kutu dari tubuh kucing dewasa maupun anak kucing yang masih bayi.

Agar shampo dapat bekerja dengan maksimal untuk menghilangkan kutu kucing, kamu harus memandikan kucingmu secara rutin dalam seminggu atau sebulan sekali.

2. Menggunakan Obat Kutu

Pada dasarnya, kutu merupakan parasit yang sangat membandel karena sulit untuk membasminya. Itulah kenapa obat kutu hadir untuk menjawab masalah tersebut.

Sama seperti manusia, kutu kucing juga harus diatasi menggunakan obat kutu khusus kucing. Cara menggunakan obat kutu dapat dilakukan di rumah sehingga perlu membawa kucing ke dokter hewan.

3. Minyak Telon

Minyak telon umumnya sering digunakan untuk tubuh bayi. Karena penggunaan untuk bayi, maka kandungan minyak telon cukup ringan sehingga juga aman digunakan untuk membasmi kutu kucing.

Kamu hanya perlu mengoleskan langsung minyak telon ke area kulit kucing yang banyak kutunya. Namun pastikan agar kamu menggunakan minyak telon sewajarnya, jangan sampai terlalu banyak.

4. Jus Lidah Buaya

Jika kamu ingin menghilangkan kutu kucing secara alami di rumah, maka kamu harus menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya cukup ampuh untuk membasmi kutu kucing secara alami tanpa bahan kimia.

Untuk penggunaannya, kamu harus membuat jus lidah buaya dengan tambahan sedikit cabai rawit. Kemudian saring dan masukkan ke dalam botol semprotan sehingga bisa di semprot ke tubuh kucing.

5. Menggunakan Semprotan Lemon

Bahan dapur rumah tangga seperti lemon juga bisa digunakan untuk membasmi kutu kucing yang membandel. Menyemprotkan air perasan lemon cukup ampuh untuk mengusir kutu yang bersarang di kucingmu.

Cara membuatnya pun terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu sebuah lemon yang berukuran sedang. Potong lemon tersebut menjadi empat bagian lalu masukkan ke dalam air mendidih.

Diamkan lemon ke dalam air mendidih selama satu malam dan kemudian saring air tersebut di pagi harinya. Tempatkan air lemon ke dalam botol semprotan untuk menghilangkan kutu kucing.

6. Menyemprotkan Air Cuka

Tahukah kamu bahwa kutu sangat membenci aroma dari cuka? Kamu juga bisa menggunakan cuka dapur untuk mengusir kutu di tubuh kucing.

Cukup campurkan air dengan cuka dengan perbandingan 50:50 ke dalam panci. Kemudian nyalakan api sedang untuk menghangatkan campuran air dan cuka tersebut.

Setelah itu masukkan air cuka ke dalam botol semprotan agar bisa digunakan dengan mudah. Jika sudah, semprotkan ke bagian tubuh kucing dan hindari agar tidak terkena mata atau masuk ke lubang telinga kucing.

7. Memakai Cuka Apel

Cara menghilangkan kutu kucing juga bisa memakai cuka dari sari buah apel. Aroma cuka apel yang khas memiliki bau busuk tidak disukai oleh kutu yang bersarang di kucing.

Kamu harus mencampurkan cuka apel dengan air bersih dengan perbandingan 2:1 agar hasilnya lebih maksimal. Setelah itu semprotkan hasil campuran tersebut ke bagian tubuh kucing yang terkena kutu.

8. Bilas dengan Air Garam

Bahan penyedap dapur rumah tangga yang sering kita temukan yaitu garam bisa dipakai sebagai obat kutu kucing. Campuran air dan garam mampu menghilangkan telur kutu maupun larva kutu pada kucing.

Kamu hanya perlu memasukkan garam ke dalam air hangat, kemudian rendam dan bilas kucing ke dalam air garam tersebut. Namun pastikan air dalam keadaan benar-benar hangat agar kucing tidak terlalu kepanasan.

9. Memberikan Vaksin

Vaksin berperan cukup penting apabila kamu ingin kucing yang sehat dan tidak mudah terserang kutu. Cara ini bisa dicoba untuk menghilangkan kutu kucing secara ampuh dan tahan lama.

Pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter hewan yang berpengalaman agar kutu bisa hilang dari tubuh kucingmu.

Pasalnya vaksin kucing memiliki berbagai jenis macamnya, mulai dari vaksin jamur, vaksin kutu, vaksin cacing, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi pastikan kucingmu menerima vaksin yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

10. Menyisir Bulu Kucing

Cara menghilangkan kutu kucing yang terakhir yaitu kamu harus menyisir bulu kucing secara rutin. Selain dapat merawat bulu kucingmu, menyisir bulunya juga dapat membersihkan sisa-sisa kutu kucing yang masih tersisa.

Tersedia juga sisir yang dikhususkan untuk membasmi kutu kucing. Kamu dapat membelinya di petshop terdekat atau online shop. Sisirlah kucingmu secara teratur agar bisa mencegah kutu pada kucing.

Pertanyaan Terkait Kutu Kucing

Bagaimana cara mencegah kutu kucing?

Jika kucingmu sering keluar rumah, maka lebih besar kemungkinan kucing lebih mudah terserang kutu. Kamu harus membatasi aktivitas di luar rumah agar bisa mencegah kutu pada kucing. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cara membasmi telur kutu kucing?

Jika kutu sudah hilang namun telur kutu masih banyak, maka cobalah merendam kucing ke dalam larutan air hangat dengan garam. Pasalnya air garam cukup ampuh dalam membersihkan telur kutu maupun kutu kucing.

Amankah menggunakan baygon untuk membasmi kutu kucing?

Baygon mampu membasmi kutu yang bersarang, namun baygon memiliki kandungan dari bahan kimia yang berbahaya. Jadi tidak disarankan untuk digunakan ke kucing karena mereka sering menjilati tubuhnya.

Apakah kutu kucing bisa menular ke manusia?

Jawabannya adalah ya, kutu kucing bisa menular ke manusia. Bahkan sebaliknya juga, manusia bisa menularkan kutu ke kucing.

Tinggalkan komentar