Cara Memandikan Kucing

Beranda » Kucing » Cara Memandikan Kucing

Cara memandikan kucing setidaknya perlu diketahui bagi kamu yang sedang memelihara kucing di dalam rumah. Hewan peliharaan yang menggemaskan ini juga butuh mandi agar selalu bersih dan menjaga kesehatannya.

Secara alami, kucing juga sering mandi sendiri dengan menjilati sekujur tubuhnya dalam kurun waktu yang cukup sering. Namun tanpa bantuan kamu untuk memandikannya, kutu dan kotoran lainnya pasti sulit dibersihkan dari kulit kucing.

Untuk itu, perlu diperhatikan secara seksama tentang segala hal agar bisa memandikan kucing sendiri di rumah. Dengan mengetahui seluruh aspek pentingnya, kucing pasti selalu dalam kondisi tenang selama kamu mandikan hingga selesai.

Persiapan Memandikan Kucing

Persiapan Memandikan Kucing

Dalam tahap awal sebelum memandikan kucing, alangkah baiknya bagi kamu untuk melakukan persiapan terlebih dahulu. Tanpa melakukan beberapa tahap persiapan pasti kamu akan kesulitan ketika proses memandikan kucing dimulai.

Persiapan bertujuan agar dalam proses memandikan kucing tidak berlangsung terlalu lama. Mayoritas kucing sebenarnya tidak suka terlalu lama di dalam air, maka kamu harus meminimalisir durasi waktu ketika memandikan kucing.

Menyiapkan yang Diperlukan

Beberapa barang yang perlu dipersiapkan antara lain ember, shampo kucing, pengering rambut, handuk lembut, dan sisir kucing. Semua persiapan yang telah disebutkan ini bersifat wajib atau harus tersedia selama proses memandikan kucing.

Ember yang telah kamu siapkan perlu diisi dengan air hangat agar proses pembersihan tubuh kucing lebih mudah. Semua jenis kotoran dan kutu bisa lebih cepat luntur dari tubuh kucing saat dimandikan dengan shampo khusus.

Handuk lembut dan pengering rambut berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan tubuh kucing setelah dimandikan. Apabila tidak segera kamu lakukan setelah proses mandi selesai, maka kucing menjadi kedinginan sehingga jatuh sakit.

Perlu diingat sebagai catatan penting bahwa kamu tidak boleh memandikan kucing setiap hari karena berbahaya bagi kesehatannya. Lebih disarankan kucing dimandikan sekitar sekali sampai dua kali saja dalam kurun waktu satu bulan.

Potong Kuku Sebelum Kucing Mandi

Untuk bisa memandikan kucing dengan baik dan benar, memang tidak boleh kamu lewatkan setiap tahapnya. Sudah menjadi hal dasar bahwa kamu wajib memperlakukan kucing kesayangan dengan sebaik mungkin saat dimandikan.

Ketika kamu sudah merasa siap dengan tahap awal di poin sebelumnya, maka sudah bisa dimulai proses pemandian kucing. Akan tetapi, ada hal yang perlu dilakukan menurut para ahli dan dokter hewan tepat sebelum kucing dimandikan.

Hal ini berkaitan dengan pemotongan kuku kucing sebelum dimandikan agar tidak panik ketika menyentuh air di dalam ember. Selain itu, kuku kucing yang sudah dipotong juga tidak akan melukai kamu saat proses pemandian berlangsung.

Berdasarkan banyak pengalaman di luar sana, pemotongan kuku merupakan cara memandikan kucing yang galak dengan ampuh. Banyak perubahan sikap baik dan penurut apabila Anda sudah memotong kuku kucing secara hati-hati.

Mirip dengan proses pemotongan kuku pada jari manusia, kamu bisa melakukan potong kuku kucing secara perlahan. Setidaknya, kamu perlu menghilangkan sedikit bagian kuku yang tajam dan runcing agar kucing tidak memberontak.

Setelah tahap ini berhasil kamu terapkan, maka langkah selanjutnya langsung ke proses inti untuk memandikan kucing peliharaan. Lakukan seluruh tahap secara runtut agar tidak ada kendala sama sekali saat memandikan kucing hingga tuntas.

Cara Memandikan Kucing di Rumah

Cara Memandikan Kucing di Rumah

Memandikan kucing dilakukan secara mandiri di rumah, dan bahkan tanpa bantuan orang lain sama sekali. Anda hanya perlu mengikuti panduan dibawah ini agar kucing tetap tenang dan tidak berontak ketika mandi.

Basahi Tubuh Kucing

Langkah pertama dalam memandikan kucing, kamu harus membasahi dulu, setidaknya secara bertahap ke tubuh kucing.

Hal ini dilakukan agar kucing tidak kaget atau memberontak ketika nantinya kamu masukkan ke dalam ember berisi air. Setidaknya ada adaptasi terlebih dahulu yang dilakukan kucing sebelum dimandikan supaya bisa tetap tenang.

Saat kamu memandikan kucing kampung atau ras lainnya, ikuti aturan untuk tidak menghindari air agar tidak masuk ke dalam telinga. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati sehingga air tidak akan memberikan pengaruh berbahaya bagi kesehatan.

Gunakan Shampo

Setelah memasukkan kucing ke dalam ember berisi air, silahkan kamu mulai untuk menggunakan shampo secukupnya. Shampo yang dipersiapkan harus memiliki standar berkualitas khusus memandikan kucing karena ada kandungan tertentu.

Usapkan shampo secara merata ke tubuh kucing namun hindari bagian telinga, mata, hidung dan mulut. Apabila cara mengusap sudah benar tanpa ada kekerasan, pasti kucing akan rileks selama proses dimandikan berlangsung.

Terkait pemilihan shampo yang tepat, kamu bisa berkonsultasi untuk mendapatkan merek paling cocok bagi kucing di rumah. Dipadukan dengan cara mengusap kucing saat mandi yang benar, maka pasti ampuh menghilangkan kutu pada kucing.

Pada waktu kamu mengusap kucing dengan menggunakan shampo, usahakan untuk mengambil bagian bulu yang rontok. Selain itu, bulu yang sudah menggumpal harus segera diluruskan dan kembali lurus seperti semula setelah terkena air hangat.

Bilas Tubuh Kucing

Tahap berikutnya dalam memandikan kucing adalah membilas tubuhnya dari segala shampo hingga bersih total tanpa sisa sabun. Hal ini wajib dilakukan karena kucing gemar menjilat tubuhnya sendiri, sehingga sabun tidak ikut masuk ke mulut.

Lakukan tahap ini dengan segera, karena sebagian besar kucing merasa tidak nyaman ketika bersentuhan dengan air. Namun pastikan juga agar sisa sabun di tubuhnya sudah bersih.

Keringkan Tubuh Kucing

Apabila kucing sudah selesai dimandikan, maka kamu perlu lanjut ke tahap terakhir yang juga wajib dilakukan. Agar kucing tidak merasa kedinginan dan jatuh sakit, segera bilas tubuhnya dengan handuk yang lembut seusai dimandikan.

Pastikan kamu tidak terlalu menekan tubuh kucing agar tetap merasa nyaman dan tidak memberontak saat dikeringkan. Untuk membuat tubuh kucing menjadi kering sepenuhnya, kamu bisa menggunakan bantuan dari alat pengering rambut.

Dalam penggunaan blower atau pengering rambut, jangan terlalu dekat ke tubuh kucing agar tidak merasa terlalu panas. Sebab bisa saja suhu yang terlalu panas dan dekat dengan tubuh kucing membuat bulu mudah rontok.

Bersihkan Telinga Kucing

Sebagai upaya tambahan, silahkan kamu bersihkan sekaligus telinga kucing karena tadinya memang harus terhindar dari air. Cara membersihkan bagian telinga kucing bisa menggunakan cotton bud yang dicampur dengan baby oil.

Dengan kedua hal tersebut, pastinya kucing bisa merasa lebih nyaman saat dibersihkan dan menjadi lebih penurut. Akan tetapi, kamu juga harus melakukan pembersihan telinga dengan pelan-pelan agar tidak menyentuh bagian vital.

Karena kucing sudah mau bersikap penurut selama dimandikan, kamu bisa memberikan sesuatu sebagai hadiah. Misalnya saja langsung memberi makan atau snack basah yang disukai kucing agar lain kali kucing selalu mau dimandikan.

Meskipun terdengar sepele, namun bagi kucing sudah menjadi kebahagiaan karena mendapat imbalan yang setimpal. Cobalah untuk menerapkan tips seperti ini selama proses pemandian kucing telah berakhir.

Bagi kamu yang sudah mengenal karakter kucing kesayanganmu, pasti lebih mudah untuk memandikan sendiri di rumah. Terlebih lagi dengan berbekal info cara memandikan kucing diatas, pasti semuanya dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun.

Tinggalkan komentar