Kucing Exotic Shorthair

Beranda » Kucing » Kucing Exotic Shorthair

Pernah melihat jenis kucing pesek dan hidungnya nampak terdorong ke bagian atas? Bisa jadi kucing yang Anda lihat tersebut merupakan jenis kucing exotic shorthair.

Salah satu ciri khas mereka terletak pada bagian hidungnya yang unik. Kucing ini, juga dikatakan sebagai ras Persia versi bulu berukuran pendek. Itulah alasan kenapa mereka disebut shorthair.

Saat ini, ras kucing tersebut tergolong mudah ditemukan di negara kita. Ada banyak tempat jual kucing ecotic bandung, surabaya, jakarta dan di berbagai kota lain. Tapi, sebelum Anda membeli, cek terlebih dahulu informasi kami ini agar tidak salah beli.

Sejarah Kucing Exotic Shorthair

Sejarah

Hewan lucu nan menggemaskan ini, adalah perkawinan silang antara kucing American shorthair dan kucing Persia. Itulah kenapa, ras ini sedikit lebih unik dari jenis kucing lain pada umumnya. Persilangan tersebut, diduga dilakukan sekitar tahun 1950-an.

Perkawinan silang yang dilakukan, akhirnya melahirkan kucing berbulu pendek dan unik. Kucing tersebut kemudian diberi nama sterling, karena dia memiliki warna perak dan juga hijau.

Seiring dengan berjalannya waktu, ras sterling pun mengalami perubahan dan perkembangan. Hasilnya, mereka menjadi memiliki varian yang cukup banyak. Fenomena tersebutlah yang kemudian mengubah namanya menjadi exotic shorthair.

Di Indonesia, hewan menggemaskan ini sering juga dipanggil dengan nama Garfield. Hal ini karena perawakannya sangat mirip sekali dengan tokoh kucing tersebut. Sebagai informasi, harga kucing garfield sendiri di Indonesia sudah cukup beragam.

Saat ini, ras kucing hasil persilangan tersebut sudah mudah ditemukan di Indonesia. Mereka pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2005. Pertama kali masuk ke tanah air, hanya sedikit yang berminat untuk memeliharanya.

Pada awal masuk ke Indonesia, banyak orang yang menyamakan mereka dengan jenis kucing kampung. Tidak heran mereka dipandang sebagai kucing kampung karena bulunya yang pendek. Sedangkan pada saat itu, kucing impor yang sedang trend dan populer adalah kucing berbulu panjang.

Seiring dengan berjalannya waktu, pecinta kucing mulai merasa repot mengurus kucing Persia. Hal tersebut dikarenakan bulunya yang terbilang panjang. Kejadian tersebut membuat popularitas kucing exotic shorthair mulai meningkat. Dari sanalah kemudian banyak pecinta kucing yang memeliharanya.

Saat ini, pecinta kucing di tanah air masih suka dengan ras yang satu ini. Bahkan, mereka masuk ke dalam peringkat nomor 2 kucing paling populer di Indonesia, loh.

Ciri-Ciri Kucing Exotic Shorthair

Ciri Ciri Kucing Exotic Shorthair

Pada dasarnya hewan lucu ini tidak sulit dibedakan. Mulai dari bentuk wajah, hingga bulunya, mereka memiliki ciri khas tersendiri. Nah, berikut kami jelaskan apa saja ciri-cirinya agar Anda bisa membedakan mereka:

Bagian Bulu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ras kucing yang satu ini adalah persilangan ras Persia dan ras American shorthair. Meskipun ada keturunan kucing Persia, namun bulu mereka tergolong pendek. Bulu mereka lebih mudah untuk dirawat dibandingkan kucing Persia.

Bagian Muka

Exotic shorthair memiliki muka yang unik. Hidungnya pesek dan tampak mengangkat ke atas. Dahinya berukuran lebar dan memiliki mata yang bulat dan besar. Sekilas, kucing ini tampak menyeramkan. Namun, jika sudah dekat, mereka adalah jenis kucing yang lucu dan unik.

Wajahnya tampak lebih rata dibandingkan kucing pada umumnya. Terkadang, mereka sering mengalami permasalahan pernapasan karena hidungnya yang tidak mancung.

Bagian Mata

Mereka memiliki jenis mata yang unik, bulat dan besar. Mereka umumnya memiliki warna mata yang cukup beragam. Warna-warna mereka di antaranya seperti biru, tembaga, keemasan, dan kuning.

Varian Warna

Exotic shorthair adalah jenis kucing yang memiliki pola warna stripped yang lucu. Variasi stripped-nya mulai dari biru, coklat, krem, silac, hitam, dan putih.

Terkadang mereka juga memiliki pola warna yang spesial seperti shaders dan smoked. Tidak hanya itu saja, mereka juga terkadang memiliki varian bicolor, calico, dan particolor.

Berat Badan

Umumnya, bentuk badan mereka tidak terlalu besar. Untuk jenis dewasa, mereka hanya akan tumbuh 4 hingga 6 kg saja. Meski begitu, bentuk badan dan wajahnya, tampak seperti kucing yang gemuk.

Baca juga: Kucing Kampung

Karakteristik Kucing Exotic Shorthair

Karakteristik Kucing Exotic Shorthair

Mereka merupakan hasil persilangan kucing american british shorthair dan Persia. Maka jangan heran jika ras ini memiliki karakter yang mirip nenek moyangnya.

Nah, berikut kami jelaskan apa saja karakteristik kucing ini:

  1. Karakter mereka umumnya lembut dan juga tenang. Namun, tidak sedikit juga yang tempramen.
  2. Ras hasil silangan ini, jauh lebih aktif dibandingkan kucing Persia. Mereka selalu memiliki sifat penasaran dan sangat senang sekali jika bermain.
  3. Sama seperti kucing Persia, mereka juga bersahabat dengan kucing, anjing, dan hewan peliharaan lain.
  4. Mereka adalah jenis kucing yang tidak suka ditinggalkan sendirian. Mereka selalu membutuhkan para pemiliknya berada dekat dengan mereka.
  5.  Exotic shorthair adalah salah satu jenis kucing yang loyal, mereka juga selalu menunjukkan rasa suka kepada pemiliknya.
  6. Karakternya yang tenang, menjadikannya sebagai hewan yang cocok untuk dipelihara di apartemen atau rumah.
  7. Karena merupakan keturunan American shorthair, mereka menjadi lebih energetik dan ahli dalam memburu tikus.

Fakta Menarik

Fakta Menarik

Ada sejumlah fakta menarik seputar ras kucing silangan ini. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak langsung penjelasannya berikut ini:

Jenis Kucing Mahal

Saat ini, ada cukup banyak tempat jual kucing exotic shorthair di indonesia. Namun tahukah Anda, bahwa kucing ini merupakan salah satu jenis kucing mahal? Harganya bisa tembus Rp2.000.000 hingga Rp15.000.000, loh.

Perawatan Standar

Jika Anda sedang mencari jenis kucing yang tidak rewel, ras yang satu ini adalah pilihannya. Bulu mereka tidak panjang jadi tidak membutuhkan perlakuan khusus. Anda tidak perlu repot mengurus bulu dan menyisirnya setiap saat.

Hewan Peliharaan Keluarga

Umumnya, semua jenis kucing cocok untuk peliharaan di rumah. Namun, kucing ini memiliki karakter khusus yang jauh lebih kompeten. Selain mudah akrab dengan manusia, mereka juga akrab dengan hewan peliharaan yang lain.

Kucing yang Berukuran Medium

Beratnya yang tidak terlalu besar, membuat mereka masuk ke dalam kategori sedang, atau medium. Meskipun jenis medium, tubuh mereka gemuk dan cukup gempal. Bobotnya tergolong cukup ringan.

Kucing exotic shorthair sangat cocok dipelihara oleh keluarga yang memiliki anak kecil. Sangat mudah sekali untuk memeluk dan mengangkatnya.

Wajahnya Unik dan Lucu

Tingkahnya yang lucu, menjadi alasan kenapa banyak orang rela mengeluarkan uang hanya untuk mengadopsinya. Bentuk wajahnya pun unik. Wajahnya bisa dikatakan berbeda dengan jenis kucing pada umumnya. Mukanya datar, pesek, dan bermata bulat, menjadi karakter khasnya.

Mudah Ditemukan di Indonesia

Saat ini, kucing lucu dan unik ini sudah tidak sulit ditemukan. Karena, pada dasarnya mereka sudah mulai ada sekitar tahun 2005 silam. Bahkan, pengembang biak mereka di tanah air kini sudah semakin banyak. Bagi yang ingin mengadopsinya, saat ini sudah sangat mudah didapatkan.

Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair

Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair

Bagi yang ingin memilikinya, penting sekali untuk mengetahui cara merawat kucing exotic shorthair. Tujuannya tentu saja agar peliharaan Anda tetap sehat dan berumur panjang. Pada dasarnya, cara merawat jenis kucing yang satu ini tidaklah sulit.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara merawatnya, berikut akan kami jelaskan tipsnya kepada Anda.

Mengajak Bermain

Ajaklah mereka bermain atau hanya sekedar bercanda biasa. Tujuannya agar mereka mudah jinak kepada Anda. Lakukan hal ini secara rutin. Selain itu, kucing yang terus beraktivitas, akan mencegah mereka dari obesitas.

Anda juga bisa mengajak mereka bermain keluar sambil menjemur mereka. Kucing pada dasarnya selalu memerlukan sinar matahari. Karena, sinar matahari sangat bagus sekali untuk kesehatan mereka. Jika Anda sering menempatkan mereka di dalam kandang, pastikan mereka dijemur di pagi hari.

Membersihkan Kandang

Usahakan untuk membersihkan kandang mereka setiap hari. Kebersihan kandang juga dapat mempengaruhi kesehatan mereka. Kandang yang bersih juga akan membuat mereka nyaman ketika menempatinya.

Merawat Bulunya

Jenis kucing eksotis ini memiliki bulu yang bagus meskipun tergolong pendek dari kucing Persia. Meski begitu, Anda harus tetap menyisir bulu mereka secara rutin. Sisirlah bulu kucing minimal 2 kali dalam satu hari menggunakan jenis sisir logam agar bulunya tetap terjaga dan bersih.

Jika bulunya sudah nampak kusam dan kusut, silahkan konsultasikan kepada orang yang berpengalaman. Cari orang yang ahli dalam menangani kucing. Bulu kusut pada kucing exotic shorthair, akan membuat mereka merasa sakit.

Jika tidak segera ditangani, kulit mereka akan tertarik. Bahkan, tidak sedikit yang mengalami luka-luka.

Selalu siapkan tisu khusus bayi di rumah. Fungsinya yaitu untuk membersihkan bulu mereka. Tisu bayi sangat cocok untuk membersihkannya. Selain itu, tisu bayi juga akan membuat bulu mereka wangi.

Tisu bayi bahkan memiliki manfaat untuk kesehatan mereka, loh. Dengan menggunakannya, kucing akan bebas dari alergi. Jadi, selalu siapkan tisu tersebut di rumah jika Anda memelihara hewan lucu ini.

Makanan dan Vitamin Kucing

Pilihlah jenis makanan yang mereka sukai dan baik untuk exotic shorthair. Jangan lupa juga untuk memperhatikan pemberian vitamin dan nutrisi yang cukup. Vitamin dan makanan, bagus untuk asupan mereka agar sehat dan bugar.

Menjaga keduanya secara seimbang, termasuk ke dalam salah satu upaya agar mereka tetap sehat. Selain itu, kondisi kucing yang prima akan menghemat pengeluaran pengobatan mereka ke dokter hewan.

Masalah Penyakit

Kebanyakan ras kucing ini, sering mengalami permasalahan pada bagian saluran air mata. Jika hal ini terjadi, mereka akan sering mengeluarkan air mata. Anda harus menyiapkan tisu untuk membersihkannya. Bersihkanlah dari bagian mata dan bagian hidung.

Masalah ini harus Anda perhatikan. Karena, jika air mata tidak dibersihkan, maka akan merusak bulu pada sekitaran mata. Hal tersebut juga bisa menyebabkan infeksi. Bersihkan dengan tisu secara rutin, ya. Jika terlanjur infeksi, silahkan cari dan kunjungi dokter hewan terdekat.

Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan fisik, mental kucing exotic shorthair juga harus dijaga. Anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mental mereka. Pada dasarnya, caranya tidak terlalu sulit. Siapa saja bisa melakukannya.

Menjaga kesehatan kucing bisa dilakukan dengan cara tidak membentak mereka. Kucing yang sering dibentak akan merasa stres. Ajaklah mereka bermain secara rutin. Selain di rumah, ajak juga mereka bermain di luar rumah, seperti taman.

Sediakan peralatan bermain mereka, salah satunya seperti bola. Anda bisa mengajaknya berlarian sambil memainkan bola bersama mereka. Selain bola, silahkan cari alat lain yang bisa Anda gunakan sebagai media bermain.

Aktivitas di atas bisa menjaga kesehatan mental exotic shorthair. Selain itu, juga bisa diaplikasikan pada jenis kucing lainnya. Kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan perhatian dan kasih sayang mereka terhadap pemiliknya. Artinya, bagus untuk membangun chemistry Anda dengan si kucing.

Makanan Kucing Exotic Shorthair

Makanan Kucing Exotic Shorthair

Makanan merupakan faktor penting untuk pertumbuhan kucing. Ada cukup banyak jenis makanan kucing yang ada di pasaran. Namun, apakah sudah cocok dengan kucing Anda?

Salah memberi makan akan membuat kucing memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Mereka akan menjadi mudah terkena serangan penyakit. Itulah kenapa, kita harus memberi mereka asupan makanan yang bagus.

Nah, makanan yang cocok untuk kucing exotic shorthair adalah jenis makanan ikan, daging, dan keju. Keju misalnya, makanan ini memiliki kandungan vitamin, protein, dan kandungan pendukung lainnya. Cocok untuk asupan makanan dan nutrisi bagi kucing.

Agar pertumbuhannya baik, Anda bisa memberinya ikan. Makanan ini memiliki kandungan asam amino dan protein yang bagus. Namun, beri mereka ikan secukupnya saja. Jangan terlalu sering memberi ikan. Karena, terlalu sering memberi ikan akan membuat kebutuhan vitamin E-nya tidak tercukupi.

Sementara itu, daging bisa Anda pilih sebagai menu makanan alternatif. Daging bisa membuat kucing lucu ini menjadi lebih aktif. Mengonsumsi daging pun bagus untuk meningkatkan nafsu makan mereka.

Ada beberapa jenis daging yang bisa Anda berikan kepada mereka. Beberapa di antaranya seperti daging ayam, sapi, hingga kelinci. Potong-potong terlebih dahulu daging sebelum Anda memberikannya kepada hewan lucu ini.

Harga Kucing Exotic Shorthair

Harga Kucing Exotic Shorthair

Terkait masalah harga kucing exotic shorthair, mereka memiliki harga yang cukup beragam tergantung dari kondisinya seperti warna bulu, umur, dan kualitasnya.

Dilihat dari ciri fisik dan karakteristiknya, kucing ini sangat cocok dipelihara sebagai hewan rumahan. Itulah sebabnya sangat banyak pecinta kucing yang ingin memelihara kucing yang satu ini.

Karena banyak peminatnya, jadi tak heran jika kucing exotic shorthair dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Umumnya, mereka dihargai di kisaran harga Rp2.000.000 hingga Rp20.000.000.

Nah, itulah informasi lengkap seputar kucing exotic shorthair. Tidak sulit untuk memeliharanya karena makanan dan cara perawatannya pun tergolong mudah. Tubuhnya yang kecil, sangat cocok sekali untuk hewan peliharaan anak-anak di rumah.

Tinggalkan komentar