Cara Mengusir Kucing

Beranda » Kucing » Cara Mengusir Kucing

Kucing memang hewan yang lucu dan menggemaskan, namun tidak semua orang menyukainya. Lalu bagaimana sebaiknya cara mengusir kucing yang baik dan tidak kasar?

Pasalnya, ada sebagian orang yang kasar bisa mengusir kucing bila mendatangi rumahnya bahkan hingga menyakiti kucing tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengusir kucing yang baik dan benar supaya tidak kembali lagi. Hal ini cukup bagus bagi orang yang alergi atau phobia terhadap kucing.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan.

Cara Mengusir Kucing di Rumah

Cara Mengusir Kucing di Rumah

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengusir kucing di rumah supaya tidak kembali lagi. tanpa harus menyakiti dan kasar pada si kucing, diantaranya sebagai berikut.

1. Menggunakan Bahan Alami

Cara untuk mengusir kucing di rumah yang pertama kamu bisa gunakan bahan-bahan alami yang terdapat di dapur rumah kamu seperti cabe, lemon, dan daun yang memiliki aroma mentol. Karena ketiga bahan-bahan tersebut tidak disukai oleh kucing.

Cara menggunakan lemon untuk mengusir kucing adalah dengan memotongnya menjadi beberapa bagian lalu meletakkannya di sekitar meja makan atau dapur rumah kamu.

Untuk menggunakan daun mint sebagai salah satu cara untuk mengusir kucing adalah dengan memotong-motongnya dan meletakkannya di teras rumah kamu.

Sedangkan jika anda ingin menggunakan cabe untuk mengusirnya adalah cukup dengan meletakan potongan-potongan cabe tersebut di area sekitar rumah.

2. Menanam Tanaman Khusus di Halaman

Kamu bisa memanfaatkan tanaman untuk mengusir kucing dan tanaman yang bisa kamu tanam adalah lavender, coleus canina, dan pennyroyal.

Tanaman tersebut sangat dibenci aromanya oleh kucing, jadi bila kamu menanam tanaman tersebut di halaman rumah maka kucing tak akan berani mendatangi rumah kamu.

3. Menggunakan botol air mineral

Mengusir kucing dengan cara meletakkan botol air di halaman mungkin terdengar aneh dan unik. Tapi kenyataannya ini adalah cara yang ampuh untuk membuat kucing tidak nyaman ketika datang ke rumah kamu.

Pasalnya, kucing takut akan pantulan sinar matahari yang mengenai botol yang berisi air mineral tersebut sehingga tidak akan berani masuk kerumah kamu.

4. Membunyikan Sapu Lidi

Salah satu cara untuk mengusir kucing adalah menakutinya dengan suara sapu lidi. Dengan memukulkan sapu lidi pada dinding membuat kucing takut mendengar suaranya.

Tapi ingat jangan gunakan sapu lidi untuk memukul kucing ya, pukulkan saja pada dinding rumah kamu itu pun sudah membuat kucing takut.

5. Menaburkan Bubuk Lada

Lada juga dapat digunakan sebagai media untuk mengusir kucing karena lada memiliki aroma yang tajam dan menyengat. Kamu cukup taburkan lada bubuk di halaman rumah mala kucing pun tidak akan berani memasuki rumah kamu.

6. Hilangkan Jejak Kucing

Cara selanjutnya untuk mengusir kucing adalah dengan membersihkan jejak kaki yang pernah kucing tinggalkan dibagian rumah kamu. Karena biasanya kucing sengaja memberi tanda pada area rumah kamu untuk ia datangi kembali.

Bersihkan jejak kaki kucing dengan menggunakan pembersih lantai dan beri pewangi, sehingga kucing tidak dapat lagi menemukan jejaknya sendiri di rumah kamu.

7. Membersihkan Tempat Sampah

Disarankan agar rajin membersihkan sisa makanan yang tercecer di sekitar rumah kamu, karena sisa makanan yang tercecer itulah yang dapat mengundang kucing lapar datang kerumah kamu.

8. Rutin Membersihkan rumah

Cara lainnya untuk mengusir kucing adalah dengan rajin dan rutin membersihkan rumah kamu, jangan biarkan ada sisa makanan yang tercecer di sekitar rumah terutama di tempat sampah.

Selalu merapikan rumah dan jagalah agar selalu bersih, tutuplah rapat-rapat tempat makanan yang ada dalam rumah.

9. Pasang Pagar Anti Kucing

Bila kamu memiliki uang lebih pasanglah pagar hingga kucing tak bisa melompatinya. Dengan begitu si kucing tidak akan bisa memanjat dan memasuki rumah kamu.

10. Jangan Beri Makan

Biasanya kucing akan datang kembali bila diberi makan oleh pemilik rumah yang didatanginya. Kalau kamu tak mau kucing berada di sekitar rumah kamu maka jangan memberinya makan.

Dengan begitu biasanya kucing akan jera dan tidak datang lagi kerumah kamu karena si kucing akan berpikir tak ada makanan dirumah kamu.

11. Semprot Dengan Air

Kucing terkenal takut dengan air, maka cara ini bisa kamu gunakan untuk mengusir kucing yang datang ke rumah kamu. Pakailah selang untuk menyiram tanaman dan semprotkan pada kucing maka kucing akan lari terbirit-birit.

Cara Mengusir Kucing di Plafon Rumah

Cara Mengusir Kucing di Plafon Rumah

Kucing juga terkadang naik hingga ke atap rumah dan mengganggu dengan suaranya yang berisik, atau juga si kucing ingin membuang kotorannya di sana atau mungkin juga akan melahirkan di atap rumah.

Berikut cara untuk mengusir kucing di atap rumah kamu yang mengganggu.

1. Taruh makanan

Makanan tak hanya untuk mengundang kucing tapi juga dapat kamu gunakan untuk mengusir kucing. caranya dengan mengetahui jalur akses si kucing menuju atap rumah kamu.

Setelah kamu mengetahui caranya si kucing naik ke atap rumah kamu, kamu bisa letakkan makanan sepanjang jalur tersebut.

Dan pada saat kucing tengah asyik menyantap makanan yang kamu letakkan di sepanjang akses menuju atap rumah kamu, kamu bisa langsung menangkap dan memasukkannya dalam karung.

2. Tutup Akses ke Atap Rumah

Cara yang satu ini adalah cara yang efektif untuk mengusir kucing di atap rumah kamu. Biasanya kucing menggunakan genteng yang tidak rapat sebagai akses menuju atap rumah.

Nah, kamu bisa memperbaiki dan menutup genteng tersebut, dengan begitu tidak ada lagi akses jalan bagi si kucing menuju atap rumah kamu.

3. Membunyikan Rekaman Suara Kucing

Cara ini juga cukup efektif untuk mengusir kucing dari atap rumah kamu. Saat mendengar rekaman suara kucing maka kucing akan mengira itu adalah suara temannya dan ia pun akan turun dan menghampiri suara tersebut.

Cara ini sangat mudah hanya dengan memutar berulang-ulang rekaman suara kucing dibawah atap si kucing berada sehingga jelas terdengar oleh si kucing.

4. Lempar Kucing Dengan Benda Lunak

Jangan melemparnya dengan batu atau benda keras lainnya tetapi lemparlah dengan benda yang tidak terasa sakit bila mengenai tubuh kucing, misalnya buntelan kertas atau botol plastik.

Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran

Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran

Kehadiran kucing di rumah memang terkadang mengganggu terlebih apabila si kucing buang kotoran sembarangan di area rumah kamu. Nah berikut tips cara mengusir kucing buang kotoran.

1. Letakkan Batu

Letakkan batu-batuan pada area rumah yang biasa didatangi kucing untuk membuang kotoran nya, dengan begitu si kucing tidak akan bisa lagi membuang kotoran di area tersebut.

Baca juga: Kucing Mencret

2. Taruh Botol Plastik Berisi Air

Seperti yang kamu tahu kucing takut air karena itulah dengan meletakkan botol air pada halaman atau pekarangan rumah kamu, kucing tidak akan berani lagi mampir untuk membuang kotorannya di sekitar rumah kamu.

3. Semprot Dengan Air

Bila kucing masih membandel dan mendatangi rumah kamu dengan tanda-tanda ia ingin membuang kotorannya di sekitar rumah kamu, kamu bisa segera menyemprotkan selang air yang biasa digunakan untuk menyiram tanaman dengan begitu kucing akan lari.

Itulah cara mengusir kucing yang baik tanpa harus menyakiti dan berlaku kasar padanya. Ingat ya kucing juga makhluk Tuhan jadi bila kamu tidak menyukainya usir lah dengan cara yang baik.

Tinggalkan komentar