Umpan Ikan Nila

Beranda » Ikan » Umpan Ikan Nila

Memancing ikan nila mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan lelah. Apalagi mencari umpan ikan nila tergolong cukup mudah karena Anda bisa membeli atau membuat sendiri secara gratis.

Anda bisa memancing ikan nila di beberapa perairan, baik di danau maupun kolam pemancingan.

Pastikan membawa umpan berkualitas agar hasil pancingan banyak, Anda bisa meracik dengan tambahan bahan agar menarik perhatian ikan.

Jenis Umpan untuk Ikan Nila

Saat memancing ikan nila, Anda harus sabar dan meracik pakan yang dijadikan umpan dengan baik. Yang terpenting adalah memperhatikan karakteristik perairan sehingga ikan nila bisa dipancing.

Berikut ada jenis umpan ikan nila terbaik, antara lain:

Usus

Umpan Ikan Nila Usus

Memancing di sungai pilihan banyak orang karena jumlah ikannya banyak. Usus ayam bisa dijadikan pakan atau umpan.

Agar ikan nila mau menyambar umpan Anda, usus ayam harus dicuci sampai bersih dan direbus.

Setelah itu, diamkan sekitar 2 hari pada wadah tertutup. Tujuannya agar usus ayam membusuk dan ikan nila mencium aroma usus ayam. Dijamin pancingan ikan nila banyak dan mendapat keuntungan berlimpah dari ikan nila.

Mie Kemasan

Mie Kemasan

Jangan salah loh, mie kemasan termasuk pakan ikan nila mujarab. Apalagi cara membuat umpan ikan nila dari mie instan simple. Campurkan mie kemasan dan kuning telur ayam, tujuannya agar menarik perhatian ikan nila.

Tambahkan air hangat agar campuran mie kemasan dengan kuning telur ayam agar menempel di kail pancing.  Mie instan bisa digunakan saat Anda kehabisan umpan, apalagi mudah dibeli dan harganya terjangkau.

Pelet

Umpan Ikan Nila Pelet

Umpan ikan nila pelet cocok untuk semua perairan ikan nila. Diantaranya sungai, danau, tempat pemancingan maupun kolam. Anda bisa mencampurkan pelet dengan campuran umpan agar ikan nila cepat menyambar kail pancing.

Tambahkan vanili dan air panas secukupnya. Dengan begitu racikan pakan pelet manjur dan hasil pancingan melimpah.

Lumut

Umpan Ikan Nila Lumut

Bau yang disukai ikan nila banyak, salah satunya aroma lumut. Anda bisa mendapatkannya gratis disekitar tempat tinggal.

Saat mencari lumut harus selektif. Lumut yang bisa dijadikan umpan adalah lumut di sawah, lumut di bebatuan sungai dan selokan.

Lumut tersebut cocok untuk umpan ikan nila karena teksturnya lembut dan warnanya hijau cerah.

Kroto

Kroto

Pakan kroto atau telur semut mudah ditemui, harganya pun terjangkau. Bahkan pakan kroto bisa didapatkan gratis, Anda bisa mencari kroto di pepohonan sekitar tempat tinggal.

Carilah kroto yang masih berbentuk telur karena ikan nila lebih menyukai telur semut.  Agar kroto menempel di kail pancing, Anda bisa melumuri sekitar kail dengan getah pohon nangka.

Jika tak ada pohon nangka, bisa melumurinya dengan pohon apapun yang batangnya mengandung getah.

Siapa sangka, Anda bisa menambahkan terasi saat memancing di perairan deras. Misalnya di sungai yang airnya deras.

Pastinya umpan ikan nila pake terasi dan kroto ampuh mengundang perhatian ikan nila karena aromanya yang khas.

Jenis Ikan Nila

Setelah mengetahui umpan ikan nila terbaik, selanjutnya mengetahui jenis ikan nila. Sebagai pemancing harus mengetahui jenisnya sehingga memberikan edukasi pemancing pemula atau keluarga.

Jadikan waktu luang lebih berharga dengan memancing. Berikut ada jenis ikan nila:

Citralada

Jenis ikan nila pertama adalah nila citralada yang habitat aslinya dari Thailand. Jenis ikan tersebut digemari pemancing karena sangat cantik dengan warna merah yang terang.

Selain itu siripnya panjang sehingga populer di kalangan pemancing Indonesia. Apalagi jenis citralada mampu menghasilkan anakan jantan paling banyak. Ditambah lagi, daya tahan tubuhnya kuat sehingga mudah dipelihara.

Nirwana 3

Memancing ikan nila di danau memang mudah dan bisa diterapkan pemancing pemula. Tetapi pemancing pemula harus memiliki keahlian memancing karena nila nirwana 3 karena sangat gesit.

Jenis ikan nila nirwana 3 disebut sebagai ikan ras wanayasa. Ikan nila nirwana 3 mampu berkembang sebanyak 30 persen dari masa panennya. Apalagi masa panennya hanya 2 bulan.

Nila larasati

Sama halnya dengan umpan ikan nila yang beragam, jenis ikan nila sama banyaknya.

Salah satunya jenis nila larasati, jenis tersebut adalah jenis lokal yang dibudidayakan di Klaten.

Jenis larasati mampu bertahan hidup di berbagai perairan. Diantaranya di air payau, kolam, sungai yang airnya deras dan perairan lainnya.

Alasannya karena daya tahan tubuhnya kuat sehingga bertahan hidup dengan kondisi lingkungan berbeda.

Nila larasati juga mudah dibudidayakan, yang terpenting pakannya berkualitas. Pastinya tempat budidaya yang baik sehingga pertumbuhannya tidak terhambat.

Merah

Anda ingin menyantap ikan nila? Nila merah pilihan tepat. Jenis ini memiliki daging yang enak, bahkan tampilan fisiknya cantik.

Keunggulannya tersebut membuat banyak orang membudidayakan karena keuntungannya besar.

Selain itu, perkembangannya lebih cepat. Alhasil masa panennya lebih cepat dan memberikan keuntungan berlipat.

Gesit

Nila gesit juga mudah dipancing, apalagi jenis pakan ikan nila gesit mudah. Anda tinggal meraciknya dengan pakan utama dan tambahan agar nila gesit mencium aroma pakan.

Dijamin kail pancing disambar dengan cepat, jika kail belum disambar harus sabar menunggu ikan datang.

Mengetahui umpan ikan nila dan jenisnya sama-sama penting. Untuk itulah ulasan diatas bisa dijadikan wawasan, dengan begitu pemilihan pakan tepat dan membuat kegiatan memancing semakin seru.

Tinggalkan komentar